MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI KEGIATAN MENYANYI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA I BANJAREJO KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

SITI DURROTUNNISA\'
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0152P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran dalam membaca permulaan anak didik tidak sesuai dengan harapan peneliti.Rendahnya kemampuan membaca permulaan anak disebabkan karena metode dan media yang digunakan guru kurang menarik dan kurang bervariasi sehingga anak kurang berkembang dengan baik dalam hal membaca permulaan.Hal tersebut terlihat dari kurang berminatnya anak dan ketidakmampuannya dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan. Permasalahan peneliti adalah (1) Apakah kegiatan menyanyi dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak didik? (2) Apakah dengan menggunakan media audio visualdapat memudahkan dan menarik minat belajar anak dalam kegiatan pembelajaran?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita I Banjarejo.Penelitian dilakukan dengan 3 siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi anak dan lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dalam siklus tindakan pembelajaran melalui kegiatan menyanyi dengan media audio visual dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak. (2) Dalam siklus tindakan-tindakan pembelajaran melalui kegiatan menyanyi dengan media audio visual terbukti dapat mempermudah dan membantu guru untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak didik. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Tujuan menerapkan kegiatan menyanyi dengan media audio visual yaitu untuk memudahkan dan menambah minat belajar anak dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan sehingga hasil dalam proses pembelajaran lebih baik. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah tindakan pembelajaran melalui kegiatan menyanyi dengan media audio visual pada anak dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI