MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1 – 20 MELALUI MEDIA BALOK SUSUN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK AL ABROR DUSUN SEMBUNG DESA TUNGLUR KECAMATAN BADAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NAILUL INAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0146P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kegiatan kognitif masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar yang rendah. Permasalahan peneliti ini adalah Apakah penggunaan media balok susun untuk meningkatkan konsep membilang anak didik kelompok B TK Al Abror Dusun Sembung Desa Tunglur Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015dapat ditingkatkan melalui media balok susun? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok kelompok B TK Al Abror. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa rencana kegiatan mingguan, rencana kegiatan harian, lembar penilaian unjuk kerja anak didik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan media pembelajaran biji jagung untuk meningkatkan motivasi dan ketrampilan membilang anak didik (2) melalui siklus tindakan pembelajaran media balok susun dapat meningkatkan motivasi membilang anak didik (3) melalui siklus tindakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran balok susun terbukti dapat meningkatkan membilang anak didik. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, pada kegiatan pembelajaran kognitif dengan kegiatan membilang menggunakan media balok susun dapat disimpulkan bahwa secara umum anak dapat menunjukkan minat dan pemahaman terhadap materi pembelajaran dan anak dapat berkomunikasi dengan guru tentang hal-hal yang belum dimengerti. Hal ini dapat dilihat dari hasil Siklus I sampai III mengalami peningkatan yang berkisar 83,33%. Dikategorikan dari hasil observasi menunjukkan bahwa anak-anak terlihat aktif. Guru mampu menciptakan metode dan media yang sesuai dengan tujuan kegiatan pembelajaran

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI