MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN MIKRO DAN MAKRO PADA ANAK KELOMPOK B TK TUNAS BANGSA KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NANIK YUNIARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0145P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran perkembangan motorik kasar anak didik sangat aktif. Akan tetapi keaktifan anak-anak belum terarah dengan baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Apakah permainan mikro dan makro dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B TK Tunas Bangsa Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015?” Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Tunas Bangsa Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan mikro dan makro. Hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, bahwa dengan permainan mikro dan makro dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran dengan permainan mikro dan makro terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan mikro dan makro dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B TK Tunas Bangsa Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan yang berkisar 75 % - 90 %. Dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI