MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA NGADILUWIH KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ENNI ROHANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0127P
Abstract
ABSTRAK
Enni Rohana : Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran pada Siswa Kelompok A TK Kusuma Mulia Ngadiluwih , Skripsi,
PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015
Kata kunci : Berbicara, Metode, Bermain Peran.
Penelitian Ini dilatar belakangi ketika dalam pembelajaran belum menggunakan metode dan media yang menarik dan hanya menggunakan papan tulis saja. Akibatnya anak kurang tertarik dalam pembelajaran.Tujuan menggunakan metode bermain peran adalan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Ngadiluwih tahun ajaran 2014 /2015. Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, dengan sampel siswa kelompok A TK Kusuma Mulia Ngadiluwih KecamatanNgadiluwih Kabupaten Kediri sejumlah 20 anak. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa lembar penilaian kemampuan berbicara melalui metode bermain peran, lembar observasi aktivitas guru, dan pedoman observasi aktivitas siswa.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan tindakan pembelajaran melalui metode bermain peran dapat dibuktikan kebenaranya untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A Taman Kanak-kanak Kusuma Mulia Ngadiluwih Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015