MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATANMENYIRAMI TANAMAN PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AL-HUDA GABRU DESA KEPUHREJO KECAMATAN GAMPENGREJOKABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
MUSLIKATUL KALIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0118P
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik.Di RA Al – Huda Gabru Desa Kepuhrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, khususnya di kelompokA,telah mengembangkan kemampuan fisik motorik anak, namun hasilnya masih belum menuntaskan hasil belajar anak sesuai dengan harapan, untuk itu penulis mengambil judul penelitian “Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Menyirami Tanaman Pada Anak Kelompok A Di RA Al – Huda Gabru Desa Kepuhrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri”.
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah melalui kegiatan menyirami tanaman dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar anak kelompok A di RA Al – Huda Gabru Desa Kepuhrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri..
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas, yang menjadi karakteristik salah satunya adalah penelitian dilakukan secara siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi dan refleksi.Instrumen pengumpulan data adalah unjuk kerja anak. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah hasil penilaian dikolaborasi dengan hasil penilaian unjuk kerja anak yang dilakukan teman sejawat yang di sebut kolabolator.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas, yang menjadi karakteristik salah satunya adalah penelitian dilakukan secara siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi dan refleksi.Instrumen pengumpulan data adalah unjuk kerja anak. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah hasil penilaian dikolaborasi dengan hasil penilaian unjuk kerja anak yang dilakukan teman sejawat yang di sebut kolabolator.
Hasil yang diperoleh dari siklus I bahwa kemampuan fisik motorik anak dalam menyirami tanaman mencapai skor 73,3% dan meningkat menjadi 93% pada tindakan siklus II. Kesimpulannya adalah bahwa pada siklus I ketuntasan belajar anak masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75%, namun pada tindakan siklus II hasil yang dicapai meningkat menjadi 93%. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah kegiatan menyirami tanaman dapat dibuktikan kebenarannya dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar pada anak kelompok A di R A Al – Huda Gabru Desa Kepuhrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014 / 2015