MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUKU KAIN PADA ANAK KELOMPOK B TK TAMAN INDRIA KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DYAN DWI HANDAYANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0117P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses belajar mengajar berhitung di TK Taman Indria Kota Kediri masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan didominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut Nampak dari motivasi belajar anak didik yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah pembelajaran menggunakan media buku kain dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Taman Indria Kota Kediri. Subyek Penelitian adalah siswa Kelompok B TK Taman Indria Kota Kediri yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 Siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil prosentase ketuntasan belajar anak terjadi peningkatan dari setiap siklus, siklus I = 33,3%, siklus II = 53,3%, dan siklus III = 86,7%. Peningkatan ini melebihi dari indikator keberhasilan yang ingin dicapai yaitu 75%. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku kain dalam upaya meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelompok B TK Taman Indria Kota Kediri dikatakan berhasil, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI