MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-20 MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA II TERTEK KEC. PARE KAB. KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015


Author (Penulis)

MARDINAH SRI NURYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0116P

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah tindakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan membilang 1-20 anak didik pada kelompok B TK DHARMA WANITA II TERTEK Kecamatan Pare Kabupaten Kediri ? Penelitian ini bukan mengggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek pendidikan anak didik TK DHARMA WANITA II Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Tujuan utama penelitian ini adalah meningkatkan proses pembelajaran menyebut angka melalui metode observasi lingkungan. Hasil penelitian ini adalah melalui pembelajaran dengan kartu angka dengan metode observasi lingkungan dapat meningkatkan kemamouan membilang anak kelompok B TK DHARMA WANITA II Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kemampuan membilang 1-20 dapat ditingkatkan melalui metode observasi lingkungan . Hal ini dapat dapat dilihat dari hasil siklus I sampai silkus III mengalami penigkatan yang berkisar 90%. Dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI