MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA XIII LAMONG KECAMATAN BADAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NUR HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0095P

Abstract

Penelitian dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses belajar mengajar di Tk Kusuma Mulia XIII Lamong masih dominasi oleh aktivitas klasikal dengan didominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran.Hal tersebut nampak dari motivasi belajar anak didik yang rendah. Permasalahan penelitian adalah : apakah pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak KusumaMulia XIII Lamong. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok B Tk Kusuma Mulia XIII Lamong. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa Lembar Observasi Siswa, Lembar Observasi Guru, RKH, RKM, dan Lembar Penilaian. Tujuan dari penelitan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui pendekatan matematika realistik pada anak kelompok B Tk Kusuma Mulia XIII Lamong. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan berhitung, dan memotivasi anak didik, sehingga hasil belajar semakin meningkat. Berdasakan kesimpulan hasil penelitian ini, Bahwa penggunaan media pendekatan matematika realistik dapat meningkatakan kemampuan berhitung pada anak kelompok B Tk Kusuma Mulia XIII Lamong, Sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI