MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL WARNA MENGGUNAKAN MEDIA LOTTO WARNA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD BABUSSALAM KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK


Author (Penulis)

DZIKROYATUL CHULWAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0054

Abstract

ABSTRAK Dzikroyatul Chulwah: Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Warna Menggunakan Media Lotto Warna pada Anak Kelompok A PAUD Babussalam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif mengenal warna pada anak kelompok A PAUD Babussalam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek belum berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran pengenalan warna belum memasukkan unsur bermain dan media pembelajarannya terbatas. Hal tersebut menyebabkan kurangnya minat belajar anak dalam mengenal warna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah melalui media lotto warna dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna pada anak kelompok A PAUD Babussalam Kecamatan Durenan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A PAUD Babussalam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 anak. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar penilaian kemampuan mengenal warna, dan lembar observasi aktivitas guru. Berdasarkan hasil dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, diperoleh persentase rata-rata ketuntasan kemampuan kognitif mengenal warna prasiklus/tes awal adalah 42,31% dilanjutkan dengan tindakan perbaikan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I setelah diterapkan media lotto warna mengalami peningkatan persentase rata-rata ketuntasan 62,82% dilanjutkan dengan tindakan siklus II. Pada siklus II persentase rata-rata ketuntasan mengalami peningkatan yaitu 85,9% telah melebihi kriteria ketuntasan minimum 75% dan hipotesis diterima . Dengan demikian disimpulkan bahwa kegiatan pengenalan warna dengan media lotto warna dalam upaya mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok A PAUD Babussalam Kecamatan Durenan Tahun Pelajaran 2016/2017 dikatakan berhasil. Berdasar analisis serta pembahasan dapat disimpulkan bahwa, tindakan pembelajaran dengan menggunakan media lotto warna dapat dibuktikan kebenarannya dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok A PAUD Babussalam Kecamatan Durenan Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Pengenalan Warna, Media Lotto Warna

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI