MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGURUTKAN ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD INSAN AL-FIRDAUS DESA PARON KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

UMI BADRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0040

Abstract

Abstrak Umi Badriyah: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengurutkan Angka 1-10 menggunakan Media Puzzle Angka Pada Anak Kelompok A Paud Insan Al-Firdaus Desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. kata kunci : kognitif, mengurutkan angka, puzzle angka. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam mengurutkan angka 1-10 pada anak kelompok A PAUD Insan Al-Firdaus Desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri masih rendah, dikarenakan kurang kreatifitasnya guru dalam menyampaikan pembelajaran mengurutkan angka 1-10. Guru dalam mengajarkan mengurutkan angka cenderung hanya menggunakan buku paket ataupun buku tulis, tidak menggunakan media yang menarik, akibatnya anak menjadi ramai sendiri dan kurang memperhatikan, sehingga anak menjadi bosan dalam pembelajaran kognitif. Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat diambil suatu rumusan masalah sebagai berikut: “apakah melalui media puzzle angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengurutkan angka 1-10 pada anak kelompok A PAUD Insan Al-Firdaus desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017?” Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian 12 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan pada anak kelompok A Paud Insan Al-Firdaus Desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini menggunakan 3 siklus, menggunakan RPPM, RPPH, media, buku bantu penilaian atau lembar observasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini terlihat dari siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif pada penerapan permainan puzzle angka untuk meningkatkan kemampuan mengurutkan angka 1-10 pada anak kelompok A. Hasil penelitian pada siklus I memperoleh prosentase 41,6%, siklus II memperoleh prosentase 66,7 % dan siklus III memperoleh prosentase 83,4 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan puzzle angka dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan angka 1-10 dengan menggunakan media puzzle angka pada anak kelompok A PAUD Insan Al-Firdaus Desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI