PENGARUH MODEL COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DIALOG ANTARA DUA TOKOH PADA SISWA KELAS V SDN PADANGAN 1 KEC. KAYEN KIDUL KAB. KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

ANANG SULISTYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0453

Abstract

ABSTRAK

Anang Sulistyono: Pengaruh Model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Menulis Dialog Antara Dua Tokoh Pada Siswa Kelas V SDN Padangan 1 Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019, Program Studi S-1 PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2019.

Berdasarkan dari hasil observasi yang dilakukan di  SDN Padangan 1 Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri, ternyata dalam pembelajaran guru lebih cenderung menggunakan model konvensional sehingga kurang menarik siswa. Hal ini terbukti dari masih banyaknya peserta didik yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal ini berdasarkan data hasil ulangan harian yang mana terdapat sekitar 26 anak atau (60%) memperoleh nilai dibawah KKM serta sekitar 16 anak atau (40%) diatas KKM, yang mana KKM yang telah ditentukan adalah 75. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis dialog antara dua tokoh diperlukan metode dan media pembelajaran yang tepat yaitu model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) agar siswa lebih tertarik, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan hasil belajar yang maksimal.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkap keberhasilan pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal sebelum dan sesudah menggunakan model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC). Serta untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis dialog antara dua tokoh siswa kelas V SDN Padangan 1 Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest and Posttest Group. Penelitian dilakukan pada satu kelas yaitu Kelas V Padangan 1 Kec. Kayen Kidul Kab. Kediri. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes (unjuk kerja). Data-data yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes satu sampel.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. (1) Kemampuan kemampuan menulis dialog antara dua tokoh  pada siswa kelas V SDN Padangan 1 Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri sebelum menggunakan model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) belum berhasil mencapai KKM dengan ketuntasan klasikal  5,18%. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata 56,76 < KKM yang ditetapkan yaitu 75. (2) Kemampuan menulis dialog antara dua tokoh  pada siswa kelas V SDN Padangan 1 Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri sesudah menggunakan model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) berhasil mencapai KKM dengan ketuntasan klasikal   77,50%. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata 83,16 > KKM yang ditetapkan yaitu 75.  (3) Penggunaan model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menulis dialog antara dua tokoh siswa kelas V SDN Padangan 1 Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Hal ini terbukti dengan nilai th 15,211 > tt 1% 2,026.

KATA KUNCI  : : Model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis dialog antara dua tokoh


Keyword

Model Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC), Kemampuan menulis dialog antara dua tokoh

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Renika cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.

Undang-Undang RI No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.(online) sindikker.dikti.go.id, diunduh 16 Mei 2016.

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. PR Indonesia (online) sindikker.dikti.go.id, diunduh 15 Mei 2016.


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade