PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU DIDUKUNG MEDIA VISUALTERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MENJELASKAN BERBAGAI ENERGI ALTERNATIF DAN CARA PENGGUNAANNYA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN BANJARAN 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

AULIYA RIZQA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0325

Abstract

ABSTRAK AULIYA RIZQA :Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu Didukung Media Visual Terhadap Hasil Belajar Dalam Menjelaskan Berbagai Energi Alternatif Dan Cara Penggunaannya Siswa Kelas IV SDN Banjaran 3 Kota Kediri Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017 Kata kunci: Model Pembelajaran, Tari Bambu, Media Visual, Hasil Belajar Menjelaskan Berbaga Energi Alternatif Dan Cara Penggunaannya. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SDN Banjaran 3 yang menunjukkan bahwa hasil belajar menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara pengggunaannya pada kelas IV pada semester 2 SDN Banjaran 3 cenderung rendah. Hal ini dikarenakan banyak guru yang masih menggunakan model dan media pembelajaran yang tidak bervariatif sehingga menjadikan pembelajaran menjadi tidak bermakna bagi siswa. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional dalam menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya siswa kelas IV semester 2 SDN. Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. (2) untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran tari bambu dan di dukung media visual dalam menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya siswa kelas IV semester 2 SDN. Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tari bambu di dukung media visual terhadap hasil belajar dalam menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya siswa kelas IV semester 2 SDN. Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent control group design, peneliti menggunakan pendekatan dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Banjaran 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Dapat disimpulkan (1) Hasil belajar siswa menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV semester 2 SDN. Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 di bawah KKM (<75) dengan nilai rerata 69,40< 75(KKM) (2) Hasil belajar siswa menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya dengan model pembelajaran tari bambu di dukung media visual pada siswa kelas IV semester 2 SDN. Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 sama atau di atas KKM ( 75) dengan nilai rerata 80,80 75 (KKM) . (3) Ada pengaruh yang siginifikan terhadap hasil belajar berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya setelah diterapkannya model pembelajaran tari bambu didukung media visual pada siswa kelas IV semester 2 SDN. Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan hasil perhitungan th = 3,515 > tt5% = 2,024 dengan df 38 dengan taraf signifikan 0,001 berdasarkan norma keputusan yang telah ditetapkan pada BAB III menyatakan jika taraf signifikan 0,05 maka yang berarti Ha diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI