PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY VERSUS MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN POJOK 1 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
IKA SUSILOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0237
Abstract
ABSTRAK
Ika Susilowati: Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay versus Model Pembelajaran Scramble
terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya pada Siswa Kelas III SDN Pojok 1
Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri 2017.
KATA KUNCI: course review horay, scramble, kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA di sekolah dasar
masih berpusat pada guru. Karena mata pelajaran IPA adalah mata pelajaran yang seharusnya tidak hanya
menggunakan ceramah dan tanya jawab saja. Akibatnya siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan suasana
pembelajaran terkesan membosankan. Dengan penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay dibanding
Model Pembelajaran Scramble diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan
kegunannya pada siswa kelas III.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay
terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Pojok 1 Kota
Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 (2) Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap
kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Pojok 2 Kota Kediri
Tahun Pelajaran 2016/2017 (3) Mengetahui perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay
versus Model Pembelajaran Scramble terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
pada siswa kelas III SDN Pojok 1 dan SDN Pojok 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Control Groub Pretest Posttest.
Analisis data yang digunakan adalah SPSS 16 for Windows.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh Model Pembelajaran
Course Review Horay terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas
III SDN Pojok 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 (2) Ada pengaruh Model Pembelajaran Scramble
terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Pojok 2 Kota
Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 (3) Ada perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay
versus Model Pembelajaran Scramble terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
pada siswa kelas III SDN Pojok 1 dan SDN Pojok 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan
keunggulan pada penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay.