PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY VERSUS MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN POJOK 1 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

IKA SUSILOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0237

Abstract

ABSTRAK Ika Susilowati: Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay versus Model Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya pada Siswa Kelas III SDN Pojok 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri 2017. KATA KUNCI: course review horay, scramble, kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA di sekolah dasar masih berpusat pada guru. Karena mata pelajaran IPA adalah mata pelajaran yang seharusnya tidak hanya menggunakan ceramah dan tanya jawab saja. Akibatnya siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan suasana pembelajaran terkesan membosankan. Dengan penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay dibanding Model Pembelajaran Scramble diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunannya pada siswa kelas III. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Pojok 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 (2) Mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Pojok 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 (3) Mengetahui perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay versus Model Pembelajaran Scramble terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Pojok 1 dan SDN Pojok 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Control Groub Pretest Posttest. Analisis data yang digunakan adalah SPSS 16 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Pojok 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 (2) Ada pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Pojok 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 (3) Ada perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay versus Model Pembelajaran Scramble terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Pojok 1 dan SDN Pojok 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan keunggulan pada penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI