PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DIDUKUNG MEDIA KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA SISWA KELAS IV DI SDN KAMPUNGDALEM KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
IRNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0086
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran Ilmu Pengeahuan Alam di Sekolah Dasar masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi pasif dan hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya tanpa model Team Assisted Individualization (TAI) didukung media komik. (2)Untuk mengetahui kemampuan siswa menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) didukung media komik. (3) Untuk mengetahui pengaruh model Team Assisted Individualization (TAI) didukung media komik terhadap kemampuan siswa menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN Kampungdalem 3 dan SDN Kampungdalem 4 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah (1)Berdasarkan analisis deskriptif maka nilai rata-rata posttest kelompok kontrol yaitu 74,33 berada di bawah KKM 75. (2)Berdasarkan analisis deskriptif maka nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen yaitu 79,12 berada di atas KKM 75.(3) Berdasarkan analisis data uji t-tes pada hipotesis 3 didapatkan hasil nilai t-hitung = 4,747 > t-tabel 1,998 (5%) yang berarti Ho ditolak. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya tanpa menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI) didukung media komik pada siswa kelas IV SDN Kampungdalem Kota Kediri di bawah KKM. (2) Kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya tanpa menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI) didukung media komik pada siswa kelas IV SDN Kampungdalem Kota Kediri di atas KKM. 3) Ada pengaruh signifikan penggunaan model Team Assisted Individualization (TAI) didukung media komik terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya siswa kelas IV SDN Kampungdalem Kota Kediri.