PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN DIDUKUNG MEDIA DEKAK-DEKAK TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN TIGA ANGKA PADA SISWA KELAS III SDN NGLETIH 1 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

NILA TRIANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0036

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi kelas 3 SDN Ngletih 1 kota Kediri yang menunjukkan bahwa siswa kurang mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. Hal tersebut terbukti dari hasil kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka siswa kelas III SDN Ngletih 1, hanya 40% yang mencapai KKM (75). Hal tersebut disebabkan saat guru menyampaikan materi pembelajaran belum menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi :(1) Bagaimana kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka dengan model Numbered Heads Together dengan didukung media dekak-dekak pada siswa kelas III SDN Ngletih 1 kota Kediri tahun ajaran 2017-2018?, (2) Bagaimana kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka dengan model Numbered Heads Together tanpa didukung media dekak-dekak pada siswa kelas III SDN Ngletih 1 kota Kediri tahun ajaran 2017-2018?, dan (3) Adakah pengaruh model Numbered Heads Together didukung media dekak-dekak terhadap kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka siswa kelas III SDN Ngletih 1 kota Kediri tahun ajaran 2017-2018? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen murni (True-Eksperimental Design), dengan pretest-postest control group design. Menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas III SDN Ngletih 1 kota Kediri yang terdiri atas 27 siswa kelas III-A dan 25 siswa kelas III-B. Teknik pengumpulan data berupa tes dan bentuk instrumennya berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan mencari nilai rat-rata dan statistik inferensial menggunakan uji-t. Simpulan hasil penelitian ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai thitung x (7,49) ? ttabel (2,5) dan thitung y (6,96) ? ttabel (2,5), pada taraf signifikansi 5% dengan db sebesar 50, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Numbered Heads Together didukung media dekak-dekak terhadap kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka pada siswa kelas III SDN Ngletih 1 kota Kediri tahun ajaran 2017-2018. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, guru dapat memanfaatkan model Numbered Heads Together didukung media dekak-dekak untuk memudahkan dan membantu penyampaian materi melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka. Kata kunci : model Numbered Heads Together, media dekak-dekak, kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI