PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI MENGENAL AKTIVITAS EKONOMI KELAS IV SDN BANJARAN 2 KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

NOFI AMBARWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0011

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran adalah bahan ajar cetak yang dibeli dari toko masih belum ada pengembangan materi lebih lanjut oleh guru yang disesuaiakan dengan keadaan lingkungan dan kondisi siswa. Akibatnya materi yang dipelajari oleh siswa bersifat global, sedangkan dalam SK dan KD khususnya pada materi mengenal aktivitas ekonomi, materi pembelajaran dikembangkan berdasarkan kondisi daerah siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kualitas pengembangan bahan ajar IPS berbasis pembelajaran kontekstual pada materi mengenal aktivitas ekonomi kelas IV SDN Banjaran 2 Kota Kediri dilihat dari aspek kevalidan? (2) Bagaimana respon guru terhadap hasil pengembangan bahan ajar IPS berbasis pembelajaran kontekstual pada materi mengenal aktivitas ekonomi kelas IV SDN Banjaran 2 Kota Kediri? (3) Bagaimana respon siswa terhadap kualitas hasil pengembangan bahan ajar IPS berbasis pembelajaran kontekstual pada materi mengenal aktivitas ekonomi kelas IV SDN Banjaran 2 Kota Kediri dilihat dari aspek kepraktisan dan keefektifan? Penelitian ini menggunakan metode Reasearch and Develompment (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang memiliki penjabaran yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penilaian bahan ajar ini menggunakan tiga penilaian yaitu valid, praktis dan efektif. Kesimpulan hasil penelitian pengembangan yaitu, validasi handout oleh validator ahli dan praktisi adalah sebesar 3,5 dengan kriteria cukup valid. Hasil uji kepraktisan handout sebesar 3,8 dengan kriteria cukup praktis. Hasil uji keefektifan dilihat dari dua penilaian yaitu respon siswa dan presentase ketuntasan belajar siswa. Hasil analisis respon siswa sebesar 96% dengan kriteria sangat positif dan hasil presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 97,5% dan dapat dikatakan bahwa handout ini efektif untuk digunakan. Berdasarkan simpulan penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa handout mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis pembelajaran kontekstual pada materi kelas IV mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain yang ada didaerah siswa. Melalui pegembangan handout ini diharapkan siswa menjadi lebih peka dan mampu berpikir kritis terhadap lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Kata kunci: Pengembangan handout IPS, kontekstual, mengenal Aktivitas Ekonomi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI