Pengaruh Shooting Dari Depan Dan Dari Samping Dalam Pembelajaran Bolabasket Pada Siswa Putra SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun 2015
Author (Penulis)
TUGI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.09.0621
Abstract
Tugi. NPM : 13.1.01.09.0631P. Skripsi. Pengaruh Shooting Dari Depan Dan Dari Samping Dalam Pembelajaran Bolabasket Pada Siswa Putra SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun 2015. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2015
Kata kunci : shooting, hasil belajar shooting, bolabasket
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Shooting Dari Depan Dan Dari Samping Dalam Pembelajaran Bolabasket Pada Siswa SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2015. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang hasil belajar yang lebih baik antara shooting dari depan dengan shooting dari samping.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pembelajaran. Dimana hasil data yang digunakan adalah hasil pembelajaran dengan metode quasi eksperimen atau eksperimen semudengan teknik tes dan pengukuran. Sedangkan desain yang digunakan adalah desain komparasi atau Comparatif Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2015 yang berjumlah 257 siswa, terbagi dalam 5 kelas. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dimana sampel diambil melalui pemilihan acak kelas. Instrumen penelitian menggunakan hasil belajar shooting bola basket. Analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dengan menggunakan rumus t test. Dimana shooting dari depan dan dari samping sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar shooting bola basket sebagai variabel terikat (Y).
Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh = 2,05 kemudian dibandingkan dengan . Harga pada taraf signifikansi 5% dengan db = = 16 + 16 – 2 = 32 adalah sebesar 2,04. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada shooting dari depan berpengaruh lebih baik daripada shooting dari samping pada siswa SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun 2015 dapat diterima.
Melihat hasil perhitungan statistik dalam penelitian diatas saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah 1) Peningkatan hasil belajar siswa dilandasi dengan cara belajar yang diberikan. 2) Cara belajar yang semakin disenangi siswa akan memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada cara belajar yang monoton. 3) Siswa akan terangsang untuk belajar apabila menggunakan cara yang mereka senangi.