PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA KELAS X MA. MASALIKIL HUDA TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

M. SAIFUR ROHMAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0461P

Abstract

ABSTRAK M. Saifur Rohman : ”Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Pada Siswa Kelas X MA. Masalikil Huda Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI (UNP Kediri). FKIP. Jurusan/Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. 2016. Kata kunci : Pengaruh Gaya Passing Bawah Bolavoli Pada Siswa Kelas X MA. Masalikil Huda Tahunan Pengelolaan proses belajar mengajar yang baik akan mempunyai dampak positif dalam hal partisipasi siswa terhadap aktivitas fisik dan olahraga. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas X MA. Masalikil Huda Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan one group pretest-postest design. Variabel independen adalah gaya mengajar resiprokal dan variabel dependent adalah hasil belajar passing bawah bolavoli. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa putri kelas X MA. Masalikil Huda Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan Teknik sampling menggunakan sampling purposive didapatkan sampel sebanyak 28 siswa, pengumpulan data melalui tes passing bawah bolavoli, kemudian dianlisis dengan menggunakan uji statistik T-Test Paired dengan standart signifikan (? = 0,05). Hasil penelitian didapatkan hasil nilai mean hasil tes passing bawah bolavoli sebelum treatment sebesar 38,82, sedangkan sesudah treatment sebesar 56,32 dengan peningkatan pengaruh sebesar 44,90%. Berdasarkan dari uji statistik uji t-test didapatkan nilai thitung (23,6435) yang lebih kecil dari ttabel (1,7033) maka dapat disimpulkan H0 ditolak, dalam artian bahwa pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas X, Administrasi Perkantoran MA. Masalikil Huda Tahunan Jepara yang signifikan. Gaya mengajar resiprokal memiliki efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bolavoli. Oleh karena itu, dalam memberikan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah bolavoli menerapkan metode pembelajaran yang tepat salah satu adalah dengan memberikan pengajaran passing bawah bolavoli dengan gaya mengajar resiprokal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI