PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ANDRI USMAN HADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0103

Abstract

Andri Usman Hadi: Pengaruh Model Quantum Teaching Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, PBSI, FKIP, UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran menulis puisi di SMA Muhammadiyah masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut berakibat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal. Untuk itu perlu pemakaian model dan media pembelajaran yang lebih menarik. Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Quantum Teaching didukung media visual. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menulis puisi menggunakan model Quantum Teaching tanpa didukung media visual siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kediri tahun 2017/2018? (2) Bagaimanakah kemampuan menulis puisi menggunakan model Quantum Teaching didukung media visual siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kediri tahun 2017/2018? (3) Adakah pengaruh penggunaan model Quantum Teaching didukung media visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kediri tahun 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk desain penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design). Adanya subyek penelitian siswa kelas X-1 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X-2 sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes tertulis, yaitu dengan tes menulis puisi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Sebelum dilakukan uji-t tersebut dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan menulis puisi menggunakan model Quantum Teaching tanpa didukung media visual pada siswa kelas X-2 SMA Muhammadiyah Kediri, dinyatakan belum berhasil. hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas adalah kurang dari KKM (75) yaitu74,57. (2) Kemampuan menulis puisi menggunakan model Quantum Teaching didukung media visual pada siswa kelas X-1 SMA Muhammadiyah Kediri, dinyatakan berhasil. hal ini dapat dibuktikan perolehan nilai rata-rata kelas adalah lebih dari KKM (75) yaitu 85,14. (3) Ada pengaruh model Quantum Teaching didukung media visual terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X-1 SMA Muhamadiyah Kediri. hal ini dapat dilihat dari perhitungan hasil perolehan yakni thitung 6.754 > ttabel 1.670 yaitu dengan (df 68). Kata kunci : Model Quantum Teaching, Media Visual, Kemampuan Menulis Puisi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI