NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TEMBANG DOLANAN TEORI KOMENSKY


Author (Penulis)

ALIF ANGGI SAPUTRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0061

Abstract

Karya sastra merupakan hasil pemikiran manusia yang disampaikan mealui media bahasa. Dalam hal ini karya sastra tidak hanya berisi ide-ide pengarang saja, tetapi sastra terkandung dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini karya sastra dilihat hubunganya dengan kenyataan yang sering terjadi di kehidupan manusia, salah satunya dari segi moral dan akhlak tidak pernah terlepas dan saling berkaitan, karena sastra digunakan sebagian orang untuk menyatakan maksud-maksud tertentu dalam kaitanya dengan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Alasan mengapa peneliti penyusun skripsi yang berjudul Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tembang Dolanan (Teori Komensky). Sesuai dengan judul analisis, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimanakah aspek struktural yang meliputi: struktur fisik dan struktur batin dalam tembang dolanan teori komesky? 2) Bagaimanakah deskripsi nilai pendidikan karakter dalam tembang dolanan teori komensky?. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendapatkan deskripsi atau gambaran yang objektif tentang analisis struktural, nilai pendidikan karakter yang meliputi aspek moral dan akhlak dalam tembang dolanan teori komensky: 1) Struktur fisik meliputi diksi gaya bahasa, rima, irama, tipografi serta struktur batin yang meliputi tema, perasaan, suasana dan amanat dalam tembang dolanan. 2) Aspek pendidikan karakter yang meliputi 11 kanon teori komensky yaitu, diri kaum muda, kemampuan mengarahkan pertimbangan, keutamaan diri, sikap ugahari, keteguhan, bersikap adil, keutamaan dan keteguhan menegerjakan dengan sungguh-sungguh, mampu memberi mkana, kesiapsediaan, penanaman keutamaan. Aspek moral atau pendidikan karakter dalam tembang dolanan teori komensky memiliki 11 kanon meliputi diri kaum muda, kemampuan mengarahkan pertimbangan intelektual, keutamaan diri, sikap ugahari, keteguhan, bersikap adil, keutamaan dan keteguhan, mengerjakan dengan sungguh-sungguh, mampu memeberi makna, kesiapsediaan, penanaman keutamaan. Sesuai dengan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada pembaca sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan sikap atau perilaku dalam kehidupan sehari-hari, dan bagi peneliti selanjutnya agar tidak hanya meneliti struktur dan nilai pendidikan karakter akan tetapi juga meneliti dampak lagu dari tembang dolanan.


Keyword

a

Reference

Arianto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamid, Saebani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam.  Bandung: Pustaka Setia.

Moleong. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Doni Koesoma A. 2010. Pendidikan Karakter Anak Didik Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Komensky. 2010. Pengajaran Moral. PT Gramedia, Jakarta.

Moeloeng.  2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poespoprodjo. 2005. Filsafat Moral. Bandung: Pustaka Grafika.

Pradopo. 2006. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Prees.

Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Angkasa.

Semi, Atar. 2012. Metode Penelitian Ssatra. Bandung: Angkasa

Mihardja. 2005. Buku Pintar Sastra Indonesia. Jakarta: PT. Niaga Swadaya.

Waluyo. 2006. Apresiai puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Padmo Soekotjo, S. (2003). Ngengrengan Kasusastran Djawa II. Yogyakarta: Hien Hoo Sing.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI