PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 JOMBANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
NURUL AINANIL LAMIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.06.0076
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru.Akibatnya suasana kelas monoton,pasif dan membosankan.Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah penerapan pembelajaran metode eksperimen untuk meningkatkan motaivasi dan hasil belajar siswa ?(2)Apakah penerapan pembelajaran metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa?(3) Apakah penerapan pembelajaran metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas(PTK)
Dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Jombang.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus,menggunakan instrumen berupa RPP,lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar,
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah; Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini,direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan metode eksperimen adalah siswa memperoleh pengalaman dan ketrampilan dalam melakukan eksperimen .Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung agar anak didik lebih mengeksplorasi kemampuannya.(2)Guru masih perlu meneliti terus menerus ,agar metode eksperimen sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa.