PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING DIDUKUNG MEDIA REALITA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BUNGA BUAH DAN BIJI TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 SEMEN KEDIRI


Author (Penulis)

PALASTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0048

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SMPN 1 Semen masih berpusat pada guru atau masih menggunakan model konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran menggunakan model mind mapping dan media realita pada materi struktur dan fungsi bunga, buah dan biji terhadap kreativitas siswa kelas VIII SMPN 1 Semen Kabupaten Kediri. (2) Pengaruh pembelajaran menggunakan model mind mapping dan media realita pada materi struktur dan fungsi bunga, buah dan biji terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Semen Kabupaten Kediri. Penelitian menggunakan teknik penelitian quasi eksperimental design dan pendekatan kuantitatif dengan populasi dan sampel penelitian siswa kelas VIII SMPN 1 Semen, yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol kemudian kedua kelas di berikan posttest. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test nilai Sign. (2-tailed) sebesar 0,048 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model mind mapping didukung media realita pada materi struktur dan fungsi bung, buah, dan biji terhadap hasil kreativitas. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test nilai Sign. (2-tailed) sebesar 0,043 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model mind mapping didukung media realita pada materi struktur dan fungsi bunga, buah, dan biji terhadap hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model mind mapping didukung media realita pada materi struktur dan fungsi bunga,buah, dan biji terhadap kreativitas siswa kelas VIII SMPN 1 Semen Kediri. (2) Terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model mind mapping didukung media realita pada materi struktur dan fungsi bunga,buah, dan biji terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Semen Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: Model mind mapping didukung media realita dapat dijadikan alternatif model pembelajaran bagi guru untuk dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: model mind mapping, media realita, kreativitas, hasil belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI