SISTEM INFORMASI SERVIS DAN PENJUALAN SPAREPART KOMPUTER PADA TOKO MULTINET COMPUTER


Author (Penulis)

VADIN MANU SUDHANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.03.03.0436

Abstract

Vadin Manu Sudhana : Sistem Informasi Servis dan Penjualan Sparepart Komputer pada Toko Multinet Computer, Skripsi, Sistem Informasi, Fakultas Teknik Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti saat meminta data penjualan untuk kepentingan pribadi dan pada Toko Multinet Computer tersebut masih menggunakan pengolahan data secara konvensional oleh bagian admin dalam hal ini pencatatan data servis masih menggunakan pembukuan besar. Terkadang banyak data atau dokumen yang sering kali hilang membutuhkan waktu yang lama dalam proses pencarian data sehingga pada saat pembuatan laporan tidak semua data dapat dimasukkan kedalam arsip dan lebih rentan terjadi kesalahan dalam memasukkan data servis pelanggan. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana merancang sistem informasi servis dan penjualan agar dapat membantu mengerjakan jasa servis komputer dan proses transaksi penjualan Sparepart ? Bagaimana merancang sistem informasi sebagai solusi melakukan transaksi penjualan Sparepart dan servis komputer agar tidak memakan waktu lama dan terjadi kesalahan data ?. Desain penelitian ini dimodelkan dengan menggunakan model proses Prototype. Model proses Prototype merupakan suatu metode dalam pengembangan sistem yang menggunakan pendekatan untuk membuat sesuatu program dengan cepat dan bertahap sehingga dapat segera dievaluasi oleh pemakai Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Telah dibuat sebuah aplikasi sistem informasi servis dan penjualan Sparepart komputer membantu pihak Toko Multinet Computer dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan kesalahan data servis, penjualan dan barang. Telah dibuat sebuah aplikasi sistem informasi servis dan penjualan Sparepart komputer pada Toko Multinet Computer dapat membantu pemilik toko memudahkan proses pengelolaan data servis ,data Sparepart, dan data penjualan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan Pengembagan lebih lanjut terhadap sistem adalah dengan memperhatikan aspek-aspek Interaksi Manusia dan Komputer dengan membangunsistem yang lebih user-friendly dengan design interface yang lebih menarik. Penambahan menu-menu pada sistem, sehingga sistem lebih baik dan sempurna sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci : Sistem Informasi Servis, Penjualan,Prototype.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI