Pengaruh Persepsi Konsumen, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada CV Bitha Catering Kediri
Author (Penulis)
NAMPI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0533
Abstract
ABSTRAK Nampi Wahyuni: 12.1.02.02.0533. Pengaruh Persepsi Konsumen, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian CV Bitha Catering Kediri Periode 2016, Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Keputusan Pembelian perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dan mengelola serta mengalokasikan produk yang dimiliki perusahaan yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi konsumen, harga, dan promosi CV Bitha Catering Kediri serta menganalisis variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk mencapai tujuan tersebut maka di gunakan metode analisis kuantitatif, uji validitas dan reliabilitas, serta pengujian hipotesis.Pengujian penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan rumus: Y= a + ?1x1 + ?2x2 + ?3x3 +e. Keterangan: Y= Keputusan, a= Konstant, ?1?2?3= Koefisien Regresi, x1= Persepsi, x2= Harga, x3=Promosi, e=Variabel Pengganggu. Desain penelitian ini menggunakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pembeli di CV Bitha Catering Kediri pada bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2016. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda, uji t (parsial), uji F (simultan), dan Koefisien Determinasi (R2). Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel yaitu persepsi konsumen, harga dan promosi memiliki koefisien regresi yang bertanda positif, hal ini berarti bahwa ketiga variabel mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan penelitian ini menitik beratkan pada persepsi konsumen, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian di CV Bitha Catering Kediri. Dalam pembahasan analisis regresi linier berganda dan pembuktian hipotesis: persepsi konsumen, harga, dan promosi berpengaruh signifikan secara silmultan terhadap keputusan pembelian CV Bitha Catering Kediri. Implikasi dijadikan sebagai penambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang manajemen pemasaran. Memberikan pemikiran bagi instansi dalam upaya merumuskan berbagai kebijakan yang berhubungan dengan persepsi konsumen, harga, promosi dan keputusan pembelian. Saran sebaiknya pimpinan CV Bitha Catering Kediri tetap bersikap baik kepada seluruh pelanggan, memberikan harga yang relatif terjangkau, memberikan jasa kenyamanan kepada pelanggan. Kata Kunci: Persepsi Konsumen, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian.