ANALISIS PENGARUH LOKASI, HARGA, DAN KEDALAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI GROSIR DAN SWALAYAN SURYA KWADUNGAN
Author (Penulis)
HARIASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0486
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembelian atau keputusan pembelian pada suatu produk salah satunya faktor adalah lokasi, harga dan kedalaman produk yang dilakukan oleh Grosir dan Swalayan Surya. Lokasi yang strategis, harga yang terjangkau dapat menarik konsumen serta tersedianya (bentuk, ukuran dan kemasan) yang bermacam. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian pada Grosir dan Swalayan Surya Kwadungan. (2) Menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian di Grosir dan Swalayan Surya Kwadungan. (3) Menganalisis pengaruh kedalaman produk terhadap keputusan pembelian di Grosir dan Swalayan Surya Kwadungan. (4) Menganalisis pengaruh lokasi, harga dan kedalaman produk secara simultan terhadap keputusan pembelian di Grosir dan Swalayan Surya Kwadungan. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh dari variabel lokasi, harga, dan kedalaman produk terhadap keputusan pembelian. Dengan menggunakan uji F untuk mengetahui pengaruh simultan dan uji t untuk mengetahui pengaruh parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh secara parsial lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai t kurang dari 0,005. (2) secara parsial harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,013. (3) pengaruh secara parsial kedalaman produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. (4) secara simultan variabel lokasi, harga, dan kedalaman produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000. Kata kunci : Lokasi, Harga, Kedalaman Produk dan Keputusan Pembelian.