PENGARUH HARGA, LOKASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RM LOMBOK IDJO


Author (Penulis)

ANIK SETYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0242

Abstract

ABSTRAK ANIK SETYOWATI. Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Rm Lombok Idjo. Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara Pendidikan Guru Republik Indonesia, Kediri, 2016. Kata kunci: Harga, Lokasi,Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Penelitian ini dilatar belakangi semakin banyaknya bisnis usaha dibidang kuliner. Dengan semakin banyaknya pelaku usaha kuliner ini, dapat membuat persaingan bisnis semakin ketat. Agar tetap mampu dalam bersaing, pelaku usaha kuliner dituntut untuk dapat memberikan apa yang diinginkan konsumen seperti memberikan harga yang sangat terjangkau, menyediakan Lokasi yang sangat strategis dan Kualitas Pelayanan yang sangat baik,cepat dan tanggap dalam melayani konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada RM Lombok Idjo parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen rumah makan Lombok Idjo. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 50 orang responden dari jumlah populasi yang tidak terbatas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling yaitu siapa saja yang kebetulan bertemu peneliti di lokasi penelitian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara harga, lokasi, dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen pada RM Lombok Idjo. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa : (1) Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada rumah makan lombok idjo. (2) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada rumah lombok idjo. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada rumah makan lombok idjo. (4) Secara bersama-sama atau secara simultan harga, lokasi, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan konsumen pada rumah makan lombok idjo. Dari penjelasan di atas maka disarankan kepada perusahaan bahwa : (1) Bagi Manajer Perusahaan, yaitu diharapkan manajer perusahaan Lombok Ijo untuk dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen sesuai dengan yang diharapkan. (2) Bagi Peneliti Selanjutnya, yaitu diharapkan dalam melakukan penelitian yang serupa lebih mengembangkan hasil yang telah dicapai peneliti saat ini, bahkan lebih baik menambah indikator-indikator baru yang kiranya mempengaruhi Kepuasan Konsumen.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI