PENGARUH PERSEPSI KERAGAMAN PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE


Author (Penulis)

ISMASABILA JANNATUL FIRDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.02.0109

Abstract

Perkembangan zaman yang terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu terutama dalam bidang teknologi dan informasi membawa dampak pada masyarakat yang turut ikut kedalamnya. Perkembangan teknologi yang terus berevolusi membuat pelaku bisnis dapat menciptakan pasar melalui media internet untuk menjual dan menawarkan produknya kepada konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah persepsi keragaman produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian online mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri? (2) Apakah persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian online mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri? (3) Apakah persepsi kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian online mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri? (4) Apakah persepsi keragaman produk, persepsi harga dan persepsi kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian online mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini merupakan penelitian survey yakni untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data yaitu menguji hubungan atau pengaruh masing-masing variabel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket / kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNPGRI Kediri tahun 2016 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 2105 orang. Sampel yang diambil sebanyak 40 responden yang menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji hipotesis. Nilai signifikan hasil perhitungan uji t variabel bebas terhadap variabel terikat keputusan pembelian adalah sebagai berikut: persepsi keragaman produk adalah 0,002 <0,05, persepsi harga adalah 0,007 <0,05 dan persepsi kualitas pelayanan adalah 0,007 <0,05.Nilai signifikan hasil perhitungan uji F variabel bebas terhadap variabel terikat keputusan pembelian, adalah 0,000 < 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) persepsi keragaman produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian online. (2) persepsi harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian online. (3) persepsi kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian online. (4) secara simultan variabel persepsi keragaman produk, persepsi harga dan persepsi kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian online. Kata Kunci: Persepsi, Keragaman Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-06

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI