PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN HIJABERS COMMUNITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HIJAB RABBANI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UN PGRI KEDIRI TAHUN 2016
Author (Penulis)
LAYINA NUR MAWADAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0104
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Harga, Kualitas produk, dan Hijabers Community dapat mempengaruhi Keputusan pembelian HIjab Rabbani pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri tahun 2016.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian (2) Mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian (3) Mengetahui pengaruh Hijabers Community terhadap keputusan pembelian (4) Mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan Hijabers Community terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini merupakan penelitian survey yakni untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data yaitu menguji hubungan atau pengaruh masing-masing variabel.Teknik pengumpulan data menggunakan angket / kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri tahun 2016 yang berjumlah 2105 orang. Sampel yang diambil sebanyak 40 responden yang menggunakan teknik sampling purposive. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji hipotesis.
Nilai signifikan hasil perhitungan Uji t variabel bebas terhadap variabel terikat Keputusan Pembelian adalah sebagai berikut: Harga adalah 0,001<0,05. Kualitas Produk adalah 0,010<0,05 dan Hijabers Community adalah 0,000<0,05 hal ini berarti secara parsial dari masing – masing variabel harga, kualitas produk, dan Hijabers Community memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Hijab Rabbani. Nilai signifikan hasil perhitungan Uji F variabel bebas terhadap variabel terikat Keputusan pembelian, adalah 0,000 < 0,05 hal ini berarti secara simultan Harga (X1), Kualitas produk (X2), dan Hijabers Community (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian(Y).
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) dimensi harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian Hijab Rabbani. (2) dimensi kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian Hijab Rabbani. (3) dimensi Hijabers Community memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian Hijab Rabbani. (4) secara simultan variabel Harga, Kualitas produk, dan Hijabers Community memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Hijab Rabbani.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Hijabers Community, Keputusan Pembelian.