PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PUPUK ORGANIK UD. CAKRA PALAWIJA DESA KEPUH KECAMATAN PAPAR KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
DWI ANDHIK KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0053
Abstract
ABSTRAK
Dwi Andhik Kurniawan: Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Organik UD Cakra Palawija Kepuh Papar Kediri. Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi karena semakin ketatnya persaingan usaha dalam dunia bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian pupuk organik UD Cakra Palawija Desa Papar Kediri baik secara parsial maupun simultan.Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pupuk organik UD Cakra Palawija Desa Kepuh Kecamatan Papar Kabupaten Kediri? (2) Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pupuk organik UD Cakra Palawija Desa Kepuh Kecamatan Papar Kabupaten Kediri? (3) Bagaimana pengaruh saluran distribusi terhadap keputusan pembelian pupuk organik UD Cakra Palawija Desa Kepuh Kecamatan Papar Kabupaten Kediri? (4) Bagaimana Pengaruh harga, kualitas produk dan distribusi terhadap keputusan pembelian pupuk organik UD Cakra Palawija Desa Kepuh Kecamatan Papar Kabupaten Kediri?
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dengan populasi 50 responden sedangkan sampel yang diambil peneliti adalah 50 responden dengan menggunakan probability sampling dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan terlebih dahulu diuji dengan uji validitas dan reliabilitas dengan software SPSS 20.
Hasil uji t diperoleh t hitung untuk variabel harga sebesar 3,932 dengan signifikansi 0,000 (lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05), kemudian untuk t hitung variabel kualitas produk sebesar 4,224 dengan taraf signifikansi 0,00 (lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05), dan untuk t hitung variabel saluran distribusi sebesar 3,931 dengan signifikansi 0,000 (lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05). Untuk hasil uji simultan diperoleh F hitung sebesar 65,487 dengan tingkat signifikansi 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara harga, kualitas produk, dan saluran distribusi. Sehingga model regresi yang diperoleh adalah Y = 1,626 + 0,324X1 + 0,306X2 + 0,327X3. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah secara simultan harga, kualitas produk, dan saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pupuk organik UD Cakra Palawija Papar Kediri.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Saluran Distribusi, Keputusan Pembelian