ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN PENYEDIA JASA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA PT. BPRS ARTHA PAMENANG)
Author (Penulis)
AYU EVIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.02.02.0027
Abstract
ABSTRAK
Ayu Eviana : Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Penyedia Jasa Keuangan dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada PT. BPRS Artha Pamenang), Skripsi, Manajamen, FE UN PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci : kinerja, pengukuran kinerja, balanced scorecard.
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pengukuran kinerja perusahaan secara tradisional dengan menggunakan analisis keuangan saja dianggap kurang komprehensif dan efektif karena kurang mampu membawa perusahaan kearah perubahan yang lebih baik di masa depan. Alat ukur yang lebih lengkap dan lebih komprehensif diperlukan oleh perusahaan sebagai bentuk antisipasi manajemen terhadap segala tantangan yang selalu datang. Salah satu alat pengukuran kinerja yang dipandang efektif untuk mengatasi kelemahan dari sistem pengukuran kinerja secara tradisional tersebut adalah balanced scorecard.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja PT. BPRS Artha Pamenang pada tahun 2015 yang diukur dengan metode Balanced Scorecard.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis penelititan studi kasus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 30 responden karyawan dan 30 responden nasabah, serta dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reabilitas menggunakan software SPSS versi 20.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kinerja perspektif keuangan PT. BPRS Artha Pamenang pada tahun 2015 adalah cukup baik, kinerja perspektif nasabah adalah baik, kinerja perspektif proses bisnis internal dinilai baik, kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah cukup baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kinerja PT. BPRS Artha Pamenang selama tahun 2015 adalah baik.