PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Periode 2012 - 2014 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)


Author (Penulis)

NITA RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.02.01.0078

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh praktik CSR di Indonesia yang masih sangat rendah, hal ini terbukti dengan adanya beberapa perusahaan yang telah menyebabkan pencemaran lingkungan dan sempat menjadi Headline di berita nasional. Good Business dapat diwujudkan jika pelaku usaha tidak hanya menciptakan bisnis yang secara ekonomi membawa keuntungan besar, namun juga harus disertai perilaku bisnis yang berkualitas dengan mewujudkan tanggungjawab sosial perusahaan ( Corporate Social Responsibility ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa CSR akan menjadi strategi bisnis dalam perusahaan dalam menjaga dan meningkatkan daya saing melalui reputasi dan kesetiaan merk produk (loyalitas). Implementasi kebijakan CSR adalah suatu proses yang terus menerus dan berkelanjutan, dengan demikian akan tercipta suatu ekosistem yang menguntungkan semua pihak. Konsumen mendapatkan produk unggul yang ramah lingkungan, produsenpun akan mendapatkan profit yang sesuai.Peelitian ini dilandasi oleh beberapa teori yaitu stakeholder dan teori legitimasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dengan desain Ex Post Facto dan pendekatan penelitian penjelasan (explanatory research). Data yang digunakan adalah data sekunder, data yang digunakan meliputi laporan keuangan perusahaan sektor pertambangan periode tahun 2012-2014. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat signifikansi variabel pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap ROA sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibilityberpengaruh secara signifikan terhadap ROA(2) Tingkat signifikansi variabel pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap ROE sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibilityberpengaruh secara signifikan terhadap ROE. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan bagi para investor dalam pengambilan keputusan sebaiknya lebih memperhatikan penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) suatu perusahaan karena variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap profitabiitas perusahaandan bagi penelitian selanjutnya diharapkan memperbanyak variabel bebas dan juga mengambil sampel berbeda dari penelitian ini agar di peroleh hasil yang akurat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI