MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PERCOBAAN PENCAMPURAN WARNA MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA PAUD AL MADINAH BANDARLOR KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
NUR AZIZAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0626
Abstract
ABSTRAK
Nur Azizah: Penerapan Kegiatan Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Percobaan Pencampuran Warna pada Anak PAUD B Paud AL MADINAH Kota Kediri, Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa saat anak-anak diajak melakukan kegiatan percobaan pencampuran warna, anak kurang antusias karena kegiatan yang diberikan adalah kegiatan yang kerkesan sulit untuk anak-anak, penerapan metode yang kurang menarik dan terkesan monoton, tidak menarik dan kurang menyenangkan bagi anak.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam percobaan pencampuran warna pada anak PAUD B Paud AL MADINAH Kota Kediri?”. Adapun indikator keberhasilan tindakannya adalah kemampuan kognitif dalam percobaan pencampuran warna setelah dilakukan tindakan lebih baik dari pada kemampuan kognitif sebelum dilaksanakan tindakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam percobaan pencampuran warna melalui kegiatan finger painting.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa PAUD B Paud AL MADINAH Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), Instrumen Pengumpulan Data (Alat Penilaian Perkembangan Anak), lembar observasi guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif dalam percobaan pencampuran warna pada anak PAUD B Paud AL MADINAH Kota Kediri. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran percobaan pencampuran warna melalui kegiatan finger painting dapat meningkatkan motivasi belajar anak. (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran percobaan pencampuran warna melalui kegiatan finger painting terbukti dapat meningkatkan hasil belajar anak, maka hipotesis tindakan diterima.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan menggunakan kegiatan finger painting ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam percobaan pencampur warna. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana belajar anak yang menyenangkan sesuai dunia anak. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk menemukan temuan-temuan yang lebih kompleks dan memuaskan serta sesuai dengan karakteristik siswa.
Kata Kunci: kognitif, finger painting, pencampuran warna.