Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Kartu Angka Bergambar pada Anak kelompok B PAUD Bunga Mulia Adan-Adan Kecamatan Gurah kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016


Author (Penulis)

FAMROATUL SHOLIHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0606

Abstract

Famroatul Sholihah: Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Kartu Angka Bergambar pada Anak kelompok B PAUD Bunga Mulia Adan-Adan Kecamatan Gurah kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa nilai kemampuan kognitif khususnya membilang masih rendah. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan Peneliti belum dapat menarik perhatian anak, Selain itu Peneliti tidak menggunakan alat peraga yang lebih kreatif yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Untuk itu perlu adanya perubahan ke arah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada anak dalam meningkatkan kemampuan membilang, yaitu melalui dengan menggunakan media kartu angka bergambar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan media kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan pada anak kelompok B PAUD Bunga Mulia Adan-Adan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah anak kelompok B PAUD Bunga Mulia Adan-Adan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tahap refleksi. Teknik penilaian menggunakan lembar observasi Peneliti, lembar observasi anak dan lembar unjuk kerja anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 43% dari 23 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan, kemudian pada siklus II hasil yang di dapat meningkat menjadi 66,5% anak yang telah memenuhi kriteria ketuntasan, sedangkan pada siklus III terdapat hasil yang menyatakan bahwa sebanyak 83% anak telah memenuhi kriteria ketuntasan, sehingga terdapat peningkatan prosentase ketuntasan belajar anak mulai dari siklus 1, II dan III. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian yang berbunyi melalui media kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan pada anak kelompok B PAUD Bunga Mulia Adan-Adan, diterima. Kata kunci: Membilang, Kartu angka

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-12-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI