Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Balok Huruf Pada Anak Kelompok A TK PKK Perintis Gogodeso Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2015-2016
Author (Penulis)
SUPARTIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0605
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran membaca di TK masih sangat kurang. Banyak anak yang belum dapat membaca. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah cara menerapkan media balok huruf agar anak termotivasi? (2) Apakah media balok huruf dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik bagi anak? (3) Apakah media balok huruf dapat meningkatan hasil pembelajaran yang optimal?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak-anak kelompok A TK PKK Perintis Gogodeso Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar Blitar tahun ajaran 2015-2016. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), media balok huruf, lembar pengamatan dan lembar penilaian. Kesimpulan hasil penelitian pada sklus I mencapai ketuntasan 33,3% dilanjutkan dengan siklus II mencapai ketuntasan 55,6 % dan pada siklus ke III mencapai 88,8%. Hasil pencapaian peningkatan ketuntasan sudah memenuhi syarat secara klasikal karena hasil ketuntasannya lebih dari 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui siklus tindakan pembelajaran dengan media balok huruf dapat meningkatkan motivasi, menciptakan suasana belajar yang menarik dan terbukti meningkatkan hasil kemampuan membaca anak. Tujuan penggunaan media balok huruf untuk mengembangkan kemampuan membaca, memotivasi anak dan sebagai model pembelajaran di TK.
Kata kunci: membaca, balok huruf