MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENCAP DENGAN BERBAGAI BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B TK. DW. TOSAREN II KEC. PESANTREN KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
YAYUK WIJIRUSIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0589P
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan penilaian Kelompok B belum berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Dari 17 anak yang dinyatakan tuntas dalam belajar hanya 23,5%.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan kegiatan mencap dengan berbagai media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak Kelompok B TK Dharma Wanita Tosaren II Kecamatan Pesantren Kota Kediri?
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Tosaren II. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan lembar penilaian kemampuan anak yaitu lembar observasi aktifitas anak dan lembar observasi aktifitas guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kemampuan motorik halus meningkat setelah guru melakukan kegiatan mencap dengan berbagai bahan alam.
Bahwa berkembangnya kemampuan motorik halus anak dapat bersumber dari proses belajar yang belum optimal, untuk itu peneliti bermaksud mengoptimalkan proses pembelajaran melalui kegiatan mencap dengan berbagai bahan alam.