MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENCAP DENGAN BERBAGAI BAHAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B TK. DW. TOSAREN II KEC. PESANTREN KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

YAYUK WIJIRUSIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0589P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan penilaian Kelompok B belum berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Dari 17 anak yang dinyatakan tuntas dalam belajar hanya 23,5%. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan kegiatan mencap dengan berbagai media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak Kelompok B TK Dharma Wanita Tosaren II Kecamatan Pesantren Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Tosaren II. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan lembar penilaian kemampuan anak yaitu lembar observasi aktifitas anak dan lembar observasi aktifitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kemampuan motorik halus meningkat setelah guru melakukan kegiatan mencap dengan berbagai bahan alam. Bahwa berkembangnya kemampuan motorik halus anak dapat bersumber dari proses belajar yang belum optimal, untuk itu peneliti bermaksud mengoptimalkan proses pembelajaran melalui kegiatan mencap dengan berbagai bahan alam.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI