Mengembangkan Kemampuan Mengenal huruf Vokal dengan Media Smart House pada Anak Kelompok A di TK Alhidayah Centong Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016
Author (Penulis)
FAIQOTUT DINIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0567
Abstract
Penelitianinidilatarbelakangipadahasilobservasi di TK Al HidayahCentongPurworejo, dimanaanakbelummampuuntukmengenalmacam-macambentukdanbunyihurufadaanak yang masihbingungdalamkegiatanmenujukkanlambanghurufdilingkungansekitaranakhalinidisebabkankarenaanakmengalamikebingungandalammemahamibentukhurufserupasepertihurufvokal (a,i,u,e,o). Selainituterdapat pula anak yang belumtertarikdalamkegiatanmengenalsimbol-simbolhuruf, di karenakan media untukmengenalhurufhanya media kertasberbasisalfabetdansangatterbatasmakaanakkurangtertarikdalammengikutipembelajaranmengenalhurufdanterbatasnyajumlahpendidikdengananakdidalamkelas. Permasalahanpenelitianiniadalahapakahpenerapanpenggunaan media Smart Housedapatmengembangkankemampuanmengenalhurufvokalpadaanakkelompok A di TK Al HidayahCentongPurworejoTahunpelajaran 2015/2016?.PenelitianinimenggunakanpendekatanPenelitianTindakanKelas (PTK) dengansubyekpenelitiananakkelompok A TK Al HidayahCentongPurworejodenganjumlahanakdidik 25 anak.Penelitiandilaksanakandalamtigasiklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, lembarobservasiterhadapaktivitasanakdalampembelajara, lembarobservasipembelajara, dandokumentasikegiatanselamapembelajaran. Kesimpulanhasilpenelitianiniadalahpenerapanpenggunaan media Smart HousedapatmengembangkankemampuanmengenalhurufvokalpadaanakkelompokA di TK Al HidayahCentongPurworejoTahunpelajaran 2015/2016. Pengembangankemampuanmengenalhurufvokaltersebutdapatdilihatdari rata-rata persentase yang meningkatdarisiklus I kesiklus III.Padasikluspertamadiperoleh rata-rata persentasesebesar 54%, siklus II 70% danpadasiklus III sebesar 85%.Berdasarkanhasilpenelitiantersebut, makatelahmencapaiindikatorkeberhasilan yang ditetapkanyaitusebesar 85% secaraklasika