MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN BOLANG (BOLA ANGKA) PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA TEMPUREJO II KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

WINARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0518P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan 1-10 mash belum begitu di kuasai oleh anak. Permasalahan peneliti ini adalah (1) bagaimanakah caranya supaya anak dapat mengenal lambang bilangan 1-10 (2) Apakah dengan cara permainan bolang (bola angka) anak menjadi antusias dalam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A Kanak – Kanak Dharma Wanita Tempurejo II Kecamatan Pesantren. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus, menggunakan instrument RKH, Lembar Observasi dan Hasil Belajar Siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah – langkah yang efektif penerapan pembelajaran dengan bermain bolang (bola angka) untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI