MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN BOLANG (BOLA ANGKA) PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA TEMPUREJO II KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2013/2014
Author (Penulis)
WINARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0518P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan 1-10 mash belum begitu di kuasai oleh anak.
Permasalahan peneliti ini adalah (1) bagaimanakah caranya supaya anak dapat mengenal lambang bilangan 1-10 (2) Apakah dengan cara permainan bolang (bola angka) anak menjadi antusias dalam belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A Kanak – Kanak Dharma Wanita Tempurejo II Kecamatan Pesantren. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus, menggunakan instrument RKH, Lembar Observasi dan Hasil Belajar Siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah – langkah yang efektif penerapan pembelajaran dengan bermain bolang (bola angka) untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam anak.