PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA POHON AJAIB PADA ANAK KELOMPOK B3 TK KUSUMA MULIA KAPUREJO PAGU KECAMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LILIK CHUBBATUL KHOIRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0508

Abstract

ABSTRAK LILIK CHUBBATUL KHOIRIYAH, Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Pohon Ajaib Pada Anak Kelompok B3 TK Kusuma Mulia Kapurejo Pagu Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, Tahun 2016. Kata kunci : kemampuan membaca, media pohon ajaib. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,bahwa kemampuan membaca anak di TK Kusuma Mulia Kapurejo Pagu Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 yaitu kemampuan membaca anak dan mengenal huruf abjad yang masih kurang. Faktor penyebabnya adalah rendahnya minat anak karena kurangnya media yang menarik sehingga anak tidak dapat tenggelam dalam materi yang disampaikan. Selain itu, tidak ada dukungan dari orangtua untuk merangsang minat anak di rumah untuk belajar membaca sehingga orangtua hanya menyerahkan pendidikan anak kepada guru di sekolah. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran yang menggunakan media pohon ajaib dapat mengembangkan kemampuan membaca pada anak didik Kelompok B TK Kusuma Mulia Kapurejo Pagu Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok B3 TK Kusuma Mulia Kapurejo Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan prosedur umum yang meliputi : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Instrumen yang digunakan adalah RPPM, RPPH, lembar penilaian anak dan lembar observasi untuk pendidik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pohon ajaib dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak Kelompok B3 TK Kusuma Mulia Kapurejo Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Terlihat dari prosentase rata-rata kemampuan anak yang tuntas belajar dalam siklus I mencapai 40%, siklus II mencapai 60%, dan siklus III mencapai 80%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan hendaknya pihak sekolah menyediakan media pembelajaran pendukung yang beragam sehingga dapat mengembangkan motivasi dan konsentrasi anak dalam belajar, orang tua hendaknya lebih memotivasi, mendukung dan memfasilitasi anak dalam pembelajaran mengenal warna baik disekolah maupun dirumah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI