MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN LARI ZIGZAG DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KARANGREJO I KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

SUSIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0502

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa nilai kemampuan motorik kasar masih rendah. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru belum dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan materi yang disampaikan. Selain itu, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Untuk itu perlu adanya perubahan ke arah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada anak dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar, yaitu melalui permainan lari zig-zag dengan menggunakan metode demonstrasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Anak belum mampu mengembangkan kemampuan motorik kasar dengan baik karena kegiatan yang diberikan guru dilakukan secara berulang-ulang tanpa memberi variasi di dalamnya, (2) Metode yang digunakan guru belum dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan materi yang disampaikan, (3) Belum menggunakan alat dan media dalam kegiatan motorik kasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Karangrejo I Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tahap refleksi. Teknik penilaian menggunakan lembar observasi guru, lembar dan lembar unjuk kerja anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 48% dari 23 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan, kemudian pada siklus II hasil yang di dapat meningkat menjadi 61% anak yang telah memenuhi kriteria ketuntasan, sedangkan pada siklus III terdapat hasil yang menyatakan bahwa sebanyak 87% anak telah memenuhi kriteria ketuntasan. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian yang berbunyi melalui permainan lari zig-zag dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Karangrejo I Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, diterima. Kata kunci: Kemampuan motorik kasar, Permainan lari zig-zag, Metode Demonstrasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-01-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI