Pemanfaatan Media Balok Cuisenaire Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Tk Al Hidayah Manukan Kecamatan Garum Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016.
Author (Penulis)
PUJI RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0463
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca anak melalui Pemanfaatan Media Balok Cuisenaire Pada Anak Kelompok A Tk Al Hidayah Manukan Kecamatan Garum Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Kelompok A Tk Al Hidayah Manukan Kecamatan Garum Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media balok cuisenaire. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak melalui media balok Cuisenaire mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Persentase ketuntasan belajar mengingkat dari pra tindakan sebesar 17% dan siklus I 33% tetapi masih ada yang mendapatkan bintang satu, pada siklus II persentase ketuntasan belajar naik menjadi 67% terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar pada siklus III sebesar 75% . Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini bahwa tindakan pembelajaran melalui media balok Cuisenaire dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui balok Cuisenaire pada kelompok A Tk Al Hidayah Manukan Kecamatan Garum Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci
Bermain Balok Cuisenaire, Membaca Permulaan, Anak Tk A