MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PGRI 3 KANIGORO KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Author (Penulis)
SUSWANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0460P
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ii dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajran di Taman Kanak-kanak masih didomisili oleh aktivitas klasikan dengan orotersebut tampak dari motivasi belajar anak yag rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah.
Permasalhan peneliti adalah apakah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan dalam hal mengenal huruf pada anak kelompok A TK PGRI 3 Kanigoro Kabupaten Blitar. Peneliti ini dilaksankan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKH. Lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru.
Kesimpilan hasil peneliti ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran dapt ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf (2) Melalui siklus tindakan media pembelajaran Kartu Huruf terbukti dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal huruf-huruf (3) Melalui siklus tindakan media Kartu Huruf terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan simpulan hasil peneliti ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan media Kartu Huruf adalah untuk mengembangkan kemampuan untuk mengenal huruf. Oleh sebab ituguru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang m,endudkung terciptanya suasana yang menyenangkan karena pembelajaran di Taman Kanak-kanak belajar seraya bermain (2) Guru masih harus perlu meneliti terus-menerus , untuk membuktikan apakah penggunaan media pembelajaran Kartu Huruf sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Huruf Permulaan Dengan Media Kartu Huruf