MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DALAM MENYEBUTKANCIPTAAN TUHAN MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA SELOPURO KECAMATAN SELOPURO KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

SITI NAFI\'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0453

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan bahwa peningkatan bahasa anak khususnya dalam berbicara untuk menyebutkan ciptaan Tuhan banyak yang belum bisa. Banyak sekali anak-anak yang belum paham akan perbedaan antara cipataan manusia dan Tuhan. Sehingga dibutuhkan peningkatan kemampuan berbahasa khususnya dalam berbicara untuk meningkatkan pemahaman anak dalam menyebutkan ciptaan Tuhan. Berdasarkan pengamatan kemampuan berbahasa di Kelompok B Di TK Dharma Wanita Selopuro Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar dapat ditarik kesimpulan bahwa masih ada beberapa anak yang masih belum bisa menyebutkan ciptaan Tuhan dengan benar, karena metode yang digunakan adalah pemberian tugas yang kurang dipahami oleh anak didik, sehingga hal tersebut mempengaruhi proses belajar dan kemampuan anak dalam menyebut ciptaan Tuhan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek yang diteliti adalah anak kelompok B Di TK Dharma Wanita Selopuro Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar yang berjumlah 15 orang anak yan terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus yang setiap siklusnya meliputi tahapan 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Pengamatan 4) Refleksi dengan menerapkan metode tanya jawab. Instrument yang digunakan adalah pedoman pada lembar observasi yang mengacu pada indikator yang ditetapkan dan teknik analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan metode tanya jawab mengalami peningkatan sebesar 48% pada siklus I pada siklus II 75% dan pada siklus III 93,3%. Hal ini menunjukkan metode tanya jawab dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran berbahasa dan dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode tanya jawab merupakan metode yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak khususnya dalam berbicara untuk menyebutkan ciptaan Tuhan pada anak kelompok B Di TK Dharma Wanita Selopuro Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Kata Kunci : Berbahasa, Ciptaan Tuhan, Tanya Jawab.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI