MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET DI TPA KASIH DESA KEDUNGSARI KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SUSANA RAHAYUNINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0431

Abstract

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET DI TPA KASIH DESA KEDUNGSARI KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SUSANA RAHAYUNINGSIH 12.1.01.11.0431 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan ILmu Pendidikan ,Universitas PGRI Kediri Jl.K.H Ahmad Dahlan No. 76 Telp (0354) 776706 Kediri 64112 ABSTRAK Susana Rahayunungsih, NPM 12.1.01.11.0431 : Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Permainan Petak Umpet di TPA Kasih Ds. Kedungsari Kec. Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. PG PAUD. FKIP UN PGRI Kediri 2016 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengalaman dan pengamatan peneliti, bahwa anak usia 3-4 tahun saling tidak suka mengenal juga sering suka jahil lalu berkelahi karena kurang bersosialisasi. Akhirnya suasana kelas kurang menarik, membosankan sehinggga pembelajaran menjadi rendah dan kurang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelian Tingakan Kelas (PTK) di TPA Kasih dengan subyek anak usia 3-4 tahun dengan jumlah 14 anak terdiri dari 5 anak laki-aki dan 9 anak perempuan. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus , menggunakan instrument terdiri dari teknik penilaian dan teknik pengumpulan data. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah hasil anak pada siklus I mendapatkan 55,4%, siklus II mendapatkan 71,5%, siklus III mendapatkan 84% dan hasil guru pada siklus I mendapatkan 55%, siklus II mendapatkan 70 %, siklus III mendapatkan 90%, maka dengan itu terjadi peningkatan dari setiap siklusnya dalam permainan petak umpet dapat meningkatkan keterampilan sosial pada kerjasama, emosi, sosialisasi anak dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, rekomendasi sesuai bab V saran : (1) Tujuan permainan petak umpet dapat mengembangkan keterampilan sosial pada sosialisasi anak. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana yang menyenangkan. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah permainan petak umpet mampu meningkatkan keterampilan sosial pada sosialisasi anak. Kata kunci : keterampilan sosial, permainan petak umpet, TPA Kasih

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI