MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET DI TPA KASIH DESA KEDUNGSARI KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SUSANA RAHAYUNINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0431
Abstract
MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL
ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET
DI TPA KASIH DESA KEDUNGSARI KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN
KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
SUSANA RAHAYUNINGSIH
12.1.01.11.0431
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan dan ILmu Pendidikan ,Universitas PGRI Kediri
Jl.K.H Ahmad Dahlan No. 76 Telp (0354) 776706 Kediri 64112
ABSTRAK
Susana Rahayunungsih, NPM 12.1.01.11.0431 : Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia 3-4 Tahun
Melalui Permainan Petak Umpet di TPA Kasih Ds. Kedungsari Kec. Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran
2015/2016. PG PAUD. FKIP UN PGRI Kediri 2016
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengalaman dan pengamatan peneliti, bahwa anak usia 3-4 tahun
saling tidak suka mengenal juga sering suka jahil lalu berkelahi karena kurang bersosialisasi. Akhirnya suasana
kelas kurang menarik, membosankan sehinggga pembelajaran menjadi rendah dan kurang menarik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelian Tingakan Kelas (PTK) di TPA Kasih dengan subyek anak
usia 3-4 tahun dengan jumlah 14 anak terdiri dari 5 anak laki-aki dan 9 anak perempuan. Penelitian dilakukan
dengan tiga siklus , menggunakan instrument terdiri dari teknik penilaian dan teknik pengumpulan data.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah hasil anak pada siklus I mendapatkan 55,4%, siklus II mendapatkan
71,5%, siklus III mendapatkan 84% dan hasil guru pada siklus I mendapatkan 55%, siklus II mendapatkan 70 %,
siklus III mendapatkan 90%, maka dengan itu terjadi peningkatan dari setiap siklusnya dalam permainan petak
umpet dapat meningkatkan keterampilan sosial pada kerjasama, emosi, sosialisasi anak dalam kegiatan
pembelajaran.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, rekomendasi sesuai bab V saran : (1) Tujuan permainan petak
umpet dapat mengembangkan keterampilan sosial pada sosialisasi anak. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana
pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana yang menyenangkan. (2) Guru
masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah permainan petak umpet mampu meningkatkan
keterampilan sosial pada sosialisasi anak.
Kata kunci : keterampilan sosial, permainan petak umpet, TPA Kasih