MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI KEGIATAN BERMAIN PASIR HARTA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN PAUD-IT NUURUL FIKRI TRENGGALEK
Author (Penulis)
SITI BAROKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0420
Abstract
ABSTRAK
SITI BAROKAH, 12.1.01.11.0420: Mengembangkan Kemampuan Berhitung melalui Kegiatan Bermain Pasir Harta pada Anak Usia 3-4 Tahun PAUD-IT Nurul Fikri Trenggalek, Program Studi PG PAUD Univeritas Nusantara PGRI Kediri.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berhitung anak usia 3-4 tahun masih didominasi pada peran guru yang tidak melibatkan kreativitas dan imajinasi anak. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, kurang bervariasi dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar anak yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah.
Permasalahan yang akan dipecahkan oleh peneliti ini adalah apakah pemanfaatan kegiatan bermain pasir harta dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia 3-4 tahun di PAUD-IT Nuurul Fikri Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian terdiri dari 15 anak yaitu 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan usia 3-4 tahun di PAUD-IT Nuurul Fikri Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar penilaian anak didik, lembar observasi kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran Siklus I ada 13% anak yang tuntas dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sedangkan 87% anak belum tuntas. Siklus II ada 47% anak yang sudah tuntas dan 53% belum tuntas, Sedangkan pembelajaran Siklus III 80% anak tuntas dan 20% anak belum tuntas dalam kegiatan pembelajaran.
Saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak: bagi sekolah, diharapkan menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pembelajaran; bagi guru hendaknya menggunakan media sebagai alat peraga; sedangkan bagi orang tua hendaknya lebih memperhatikan belajar anaknya ketika di rumah dan memberikan motivasi belajar anak agar prestasi belajar lebih meningkat.
Kata kunci : Kemampuan berhitung, bermain pasir harta