MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA DAKON KREATIF DI KELOMPOK B TK AL-HIDAYAH DARUSSALAM 2 KOTA BLITAR


Author (Penulis)

DEVI ERNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0338

Abstract

ABSTRAK Devi Ernawati: Penggunaan Media Dakon Kreatif dalam Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di TK AL-Hidayah Darussalam 2 Kota Blitar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini,Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI KEDIRI, 2016. Kata kunci : kemampuan berhitung, media dakon kreatif Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pangalaman peneliti bahwa kemampuan berhitung di Kelompok B TK TK AL - Hidayah Darussalam 2 Kota Blitar belum berkembang optimal. Dalam proses pembelajaran kemampuan berhitung, guru hanya menggunakan metode pemberian tugas saja sehingga, anak masih cenderung pasif dan anak merasa jenuh serta hanya menjadi penonton, pada akhirnya hasil belajarpun tidak tercapai secara optimal. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah Apakah pemanfaatan media dakon kreatif dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok B TK AL - Hidayah Darussalam 2 Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok B di TK AL - Hidayah Darussalam 2 Kota Blitar Tahun ajaran 2015-2016, yang berjumlah 22 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan instrumen RPPM, RPPH, Lembar Penilaian Anak dan Lembar Observasi Guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan media dakon kreatif dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada Anak Kelompok B di TK AL - Hidayah Darussalam 2 Kota Blitar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, diketahui bahwa ketuntasan belajar anak pada siklus I mencapai 50%, pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 68%, sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan mencapai 91%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan agar guru memilih metode dan media yang menarik dalam mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran berhitung sehingga hasilnya baik dan tidak membosankan. Harapan peneliti, semoga dengan pengalaman peneliti ini dapat bermanfaat bagi rekan- rekan yang terjun di dunia pendidikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI