MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10 MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGGA PADA KELOMPOK A TK PKK SAMBIGEDE 02 KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
DIAN CAHYA NURSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0320
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan kemampuan membilang 1-10 melalui permainan ular tangga pada kelompok A TK PKK Sambigede 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari tiga siklus. Masing- masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini dalah anak kelompok A TK PKK Sambigede 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Data yang diperoleh berupa kemampuan membilang 1-10 dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membilang 1-10 dengan permainan ular tangga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Presentase ketuntasan belajar meningkat dari pra siklus sebesar 40% menjadi 46.7% pada siklus I, Pada siklus II presentase ketuntasan belajar meningkat sebesar 60% dan pada siklus III meningkat menjadi 93.3%. Dengan demikian dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa tindaka pembelajaran dengan permainan ular tangga dapat dibuktikan kebenaranya, untuk mengembangkan kemampuan membilang pada kelompok A TK PKK Sambigede 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar.