MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-20 PADA ANAK KELOMPOK B DENGAN MEDIA RODA PUTAR DI TK DHARMA WANITA WISMA INDAH DESA KEDUNGWARU KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

SRIATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0315

Abstract

Abstrak Sriatin: Meningkatkan Kemampuan Membilang 1-20 pada Anak Kelompok B dengan Media Roda Putar di TK Dharma Wanita Wisma Indah Desa Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung pada Tahun Pelajaran 2015-2016, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang terjadi di kelompok B. Dimana kemampuan membilang pada anak yang masih rendah. Hal ini dikarenakan proses belajar mengajar yang kurang menarik dan kurangnya media pembelajaran yang menarik bagi anak. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada kelompok B TK Dharma Wanita Wisma Indah terdapat rumusan masalah “Apakah media roda putar mampu meningkatkan kemampuan membilang 1-20 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Wisma Indah Desa Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung pada Tahun Pelajaran 2015-2016?”. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan atau Observasi dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Wisma Indah Desa Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung sebanyak 20 anak. Metode pengumpulan data yang diperoleh melalui lembar observasi anak dalam pembelajaran, lembar hasil unjuk kerja dan dokumentasi dalam bentuk foto selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan roda putar mampu meningkatkan kemampuan membilang 1-20 pada anak kelompok B. Pada siklus I kemampuan membilang anak mencapai 60%, siklus II mencapai 70% dan pada siklus III kemampuan membilang anak mencapai 90%. Peningkatan kognitif anak dalam kemampuan membilang ditandai dengan meningkatkan kemampuan anak dalam membilang 1-20, mampu menunjuk dan menyebutkan angka 1-20 dengan baik dan benar. Berdasarkan hasil penelitian disimpukan bahwa permainan roda putar mampu meningkatkan kemampuan membilang 1-20 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Wisma Indah Desa Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung pada Tahun Pelajaran 2015-2016. Kata kunci: Membilang, Roda putar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI