PENERAPAN MEDIA CARTOON CARD MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN MEMBACA SUKU KATA AWAL PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM HIDAYATUTH THOLIBIN TERTEK TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DWI ERAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0249

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan pengembangan membaca di TK Islam Hidayatuth Tholibin Tertek pada anak kelompok A di temukan adanya masalah yaitu anak-anak sulit memahami sukukata awal yang sama yang hanya menggunakan media majalah. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat belajar, semangat dan kemampuan membaca sukukata awal yang sama pada anak. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Islam Hidayatuth Tholibin Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dengan jumlah 23 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini dilakukan 3 siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Pengamatan, 4) Refleksi.Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi yang mengacu pada indikator yang diterapkan dan teknik analisis. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilaksanakan nilai perkembangan anak adalah siklus I sebesar 22%, siklus II 39%, dan siklus III sebesar 78%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa tindakan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca sukukata awal yang sama pada anak kelompok A TK Islam Hidayatuth Tholibin Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri sudah mengalami peningkatan atau kemajuan dan penelitian dinyatakan berhasil.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI