PENERAPAN MEDIA CARTOON CARD MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN MEMBACA SUKU KATA AWAL PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM HIDAYATUTH THOLIBIN TERTEK TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
DWI ERAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0249
Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan pengembangan membaca di TK Islam Hidayatuth Tholibin Tertek pada anak kelompok A di temukan adanya masalah yaitu anak-anak sulit memahami sukukata awal yang sama yang hanya menggunakan media majalah. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat belajar, semangat dan kemampuan membaca sukukata awal yang sama pada anak.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Islam Hidayatuth Tholibin Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dengan jumlah 23 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini dilakukan 3 siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Pengamatan, 4) Refleksi.Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi yang mengacu pada indikator yang diterapkan dan teknik analisis.
Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilaksanakan nilai perkembangan anak adalah siklus I sebesar 22%, siklus II 39%, dan siklus III sebesar 78%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa tindakan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca sukukata awal yang sama pada anak kelompok A TK Islam Hidayatuth Tholibin Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri sudah mengalami peningkatan atau kemajuan dan penelitian dinyatakan berhasil.