MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK PESANTREN SABILIL MUTTAQIN MLANDANGAN KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

INTAN NUR LATHIFIYA AKFINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0210

Abstract

ABSTRAK Intan Nur Lathifiya Akfina: Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B TK Pesantren Sabilil Muttaqin Mlandangan Pace Nganjuk, Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Pendidikan dapat dikatakan berhasil apabila hasil yang dicapai anak baik hal itu dapat diukur dari prestasi anak yang telah dicapai. Keberhasilan pendidikan tersebut akan berhasil jika metode pembelajaran yang digunakan tepat dan mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Selain itu, peningkatan mutu pendidikan perlu ditingkatkan untuk mempersiapkan peserta didik dalam pengetahuan yang didapat dikehidupannya sehari-hari Seseorang dikatakan belajar apabila pada diri orang itu terjadi perubahan tingkah laku yang menghasilkan suatu perubahan melalui interaksi dengan lingkungannya yang dapat diamati dalam waktu relatif lama yang disertai dengan suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penggunaan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui siklus-siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah anak kelompok B TK Pesantren Sabilil Muttaqin Mlandangan Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk, yang terdiri dari 7 putri dan 8 putra. Objeknya adalah proses belajar dengan menggunakan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak mencapai 33,33% pada siklus I, 66,67% pada siklus II dan 86,67% pada siklus III sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima. Kesimpulan dari analisis keseluruhan pelaksanaan tindakan mulai siklus I sampai siklus III bahwa melalui media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B TK Pesantren Sabilil Muttaqin Mlandangan Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Kata Kunci : media buku cerita bergambar, meningkatkan kemampuan membaca, anak kelompok B

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI