MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA RODA PINTAR PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI II JOHO KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RISTA SURYA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0197

Abstract

Dalam proses perkembangan anak, salah satu aspek yang penting adalah berbicara. Melalui berbicara anak mampu berkomunikasi dengan lingkungannya. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan bahwa kemampuan berbicara pada anak kelompok A masih rendah, hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa yang kurang optimal. Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah melalui penggunaan media Roda Pintar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK Pertiwi II Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok A TK Pertiwi II Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk dengan jumlah anak 21 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, metode yang digunakan adalah metode bercerita. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar anak sebesar 47,6%. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar anak meningkat sebesar 62%. Pada siklus III ketuntasan hasil belajar anak meningkat sebesar 85,7%. Pada hasil penelitian tindakan pada siklus III telah memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui media roda pintar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK Pertiwi II Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk, sehingga hipotesis diterima. Adapun kendala serta keterbatasan selama pelaksanaan penelitian adalah situasi kelas yang kurang kondusif. Untuk itu, perlu adanya pemberian motifasi yang lebih kepada anak agar anak dapat menjadi lebih semangat dan sabar menunggu giliran dalam melakukan kegiatan pembelajaran .

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI